Koordinasi Pembahsan Kondisi Daerah Aliran Sungai (DAS) kritis Cimanuk bersama Bupati Kabupaten Garut

Tim Dewan Sumber Daya Air Nasional melakukan koordinasi dan kunjungan ke Kabupaten Garut untuk berdiskusi dalam rangka pelaksanaan pengelolaan Sumber Daya Air khususnya di Bidang Konservasi mengenai Kondisi kritis DAS Cimanuk dan penanganannya bertempat di Kantor Bupati Garut.

Diskusi dipimpin langsung oleh Bupati Garut H.Rudy Gunawan, dan dihadiri oleh Kepala Sekretariat Dewan Sumber Daya Air Nasional Dr. Happy Mulya, ME, Perwakilan Forum Koordinasi Pengelolaan DAS Jawa Barat, Perwakilan BBWS Cimanuk-Cisanggarung, SKPD Kabupaten Garut, perwakilan TKPSDA dan Perwakilan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDASHL) Cimanuk-Citanduy.

Koordinasi dan Kunjungan ini dilakukan sesuai dengan salah satu tugas dan fungsi Dewan Sumber Daya Air Nasional yaitu Menyusun dan merumuskan pengelolaan sumber daya air nasional tahun 2020-2030, yaitu melaksanakan monitoring evaluasi dan pelaksanaan kegiatan nasional dengan 3 sub indicator yakni kerusakan sumber daya air, pendayagunaan sumber daya air, dan pengendalian daya rusak air. Dan Salah satunya adalah kegiatan ini dilakukan ke Kabupaten  Garut, karena Kabupaten Garut merupakan hulu DAS cimanuk, yang mana kondisi sungainya saat ini sudah kritis

Menurut  data-data yang ada sebelumnya sudah dan melihat dari kondisinya saat ini, Permasalahan kondisi lingkungan Kabupaten Garut antara lain, seperti alih fungsi lahan, yang mana lahan-lahan yang seharusnya menjadi lahan perhutani kini dijadikan lahan perkebunan sehingga mengakibatkan erosi; kemudian Pertanian intensif tanaman palawija kurang memperhatikan kaidah konservasi tanah dan air di wilayah tengah DAS Cimanuk sehingga memberikan kontribusi erosi: hutan lindung di Garut di eksploitasi tanpa memperhatikan kondisi lingkungan, penggunaan teknologi  pertanian yang tidak tepat mengakibatkan peningkatan air limpasan erosi dan kurangnya penyerapan. Bahkan pada tahun 2016 Kabupaten Garut pernah mengalami Banjir Bandang akibat Kerusakan Hutan dan Lahan.

Maka dari itu seperti harapan yang di sampaikan Kepala Sekretariart Dewan SDA Nasional Happy Mulya “Semoga dengan adanya diskusi ini berharap kedepannya, Dewan SDA Nasional dapat membuat rekomendasi dan Langkah-langkah strategis untuk membantu memperbaiki kondisi lahan-lahan kritis di Kabupaten Garut semua stakeholder baik dari pemerintah pusat maupun daerah bisa saling bersinergi.(TIM)