Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan Acara Pekan Olah Raga dan Seni (Porseni) dengan berbagai perlombaan seperti gateball, basket dan futsal. Sedangkan untuk lomba seninya antara lain lomba operet, stand up comedy, yang dimulai sejak tanggal 5-16 Agustus 2019 dan diikuti oleh seluruh unit organisasi di lingkungan Kementerian PUPR.

Puncak acara PORSENI berlangsung di halaman Kantor Kementerian PUPR, Jumat (16/7/2019), acara dikemas menarik dengan menampilkan beberapa kegiatan, mulai dari kegiatan senam bersama, dilanjutkan lomba stand up comedy, parade band, peragaan busana berbahan baku daur ulang untuk mendukung gerakan ramah lingkungan hingga lomba memasukkan belut ke botol yang diikuti oleh pejabat eselon I.

Anita Firmanti selaku Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR menyampaikan, selain menjadi bagian dari tradisi Kementerian PUPR dalam memperingati HUT RI, penyelenggaraan Porseni Kementerian PUPR untuk menjaga kebersamaan, kekompakan, dan menjaga kesehatan sehingga menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi.

“Persaingan penting untuk tetap menjaga semangat dalam beraktivitas tetapi yang paling penting fair play. Meskipun tiap unit berkompetisi tapi tetap satu yaitu Kementerian PUPR,” kata Anita saat memberi sambutan penutupan Porseni 2019.

Sama halnya seperti yang disampaikan oleh menteri PUPR Basuki Hadimuljono beberapa saat lalu, selain untuk tetap menjaga tradisi, rutin berolahraga juga dapat menjaga kesehatan sehingga menghasilkan produktivitas kerja yang tinggi. Untuk itu, Kementerian PUPR juga telah menyiapkan lapangan olahraga yang representative sehingga dapat digunakan para pegawai untuk aktifitas olahraga di kantor.

Puncak acara porseni ditutup dengan penyerahan hadiah kepada masing-masing unit organisasi (unor) dan pemenang selama Porseni berlangsung. Juara umum Porseni tahun ini diraih oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) dengan memperoleh 2 emas dari cabang olah raga futsal putri dan pentas seni operet serta 1 perak dari futsal kategori putra.

Selain itu, dalam Puncak Acara Porseni, Anita berpesan kepada pegawai Kementerian PUPR, khususnya generasi milenial untuk tidak berhenti setelah perayaan Porseni selesai. Kementerian PUPR telah memfasilitasi bagi pegawai yang ingin menyalurkan bakat atau hobi, khususnya dalam bidang olahraga dan seni. (TIM).