Water Day Fest 2019

68
views
Print Friendly, PDF & Email

Water Day Fest merupakan salah satu rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Air Dunia (HAD) ke-XXVII Tahun 2019. Festival diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air. Festival yang sudah kedua kali diselenggarakan ini ditujukan kepada generasi milenial melalui ajang pemilihan Duta Hari Air.

Dimana Duta Air ini nantinya akan mensosialisasikan pentingnya memelihara air, ke sekolah-sekolah di Indonesia serta melalui media sosial. Dari 10 finalis terpilih untuk kategori Duta Hari Air Putra, Firhan Salim dari SMAN unggulan MH Thamrin, sedangkan kategori putri terpilih Salsa Kania Purnamasari dari SMAN 6 Jakarta. Selain pemilihan Duta Hari Air, Water Day Festival 2019 juga mengadakan beragam lomba, seperti lomba paduan suara yang dimenangkan  Grazia Vocalista dari paduan suara SMA 34 Jakarta dan SMKN Jakarta 1 yang menjadi pemenang dari lomba tari tradisional

Water Day Fest dibuka oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan “Saya titip pesan kepada semua untuk melakukan kampanye dari pintu ke pintu untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya air atau daya rusak air apabila lingkungan tidak dijaga. Kalau lingkungan dan air dirawat dengan tidak baik bisa menjadi “musuh” tetapi kalau dirawat dengan baik akan menjadi “kawan”. Perlakuan kita terhadap lingkungan akan meresonansi perlakuan lingkungan terhadap kita. Apabila terus terjadi penebangan liar maka akan terjadi kekeringan dan banjir,” ujar Basuki.

Menurut Ir. Hari Suprayogi, M.Eng kegiatan festival bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya akses terhadap air bersih. Sebab saat ini masih 40 persen manusia yang belum mendapatkan akses air, kira-kira 2 miliar manusia dari 7 miliar penduduk dunia, 2 miliar itu kesulitan akses air. Semua pihak wajib menjaga ketahanan air, karena semua masyarakat berhak atas air bersih. Seperti tagline tahun ini yaitu Semua Harus Mendapatkan Akses Air. Itu artinya luas sekali, supaya kita menjaga ketahanan air untuk itu semua unsur harus terlibat. Selain itu, Direktur Jenderal Sumber Daya Air ini juga berharap ada mata pelajaran khusus di sekolah yang mengajarkan tentang pentingnya air bersih untuk kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ikut dan berpartisipasi untuk menyadarkan masyarakat dalam mengkampanyekan pentingnya air bersih dengan menggelar Acara Water Day Fest 2019.

BAGIKAN