Bendungan Batutegi

Bendungan Batutegi merupakan bendungan alternatif  bagi pengembangan irigasi Way Sekampung dan memenuhi kebutuhan air irigasi ke Bendung Argoguruh  Bendungan yang dibangun sejak tahun 1994,  terletak di Kabupaten Tanggamus, Lampung. Kawasan Bendungan Batu Tegi dari Kota Bandar Lampung jaraknya kurang lebih 85 km dan membutuhkan waktu sekitar 3 jam, diresmikan pada tahun 2004 oleh Presiden Megawati Sokarno Putri.

Bendungan batutegi merupakan bendungan multi purpose yaitu memilki banyak fungsi, tidak hanya untuk irigasi, berfungsi juga sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang menjadi penyedia bahan baku air minum untuk Kota Bandar Lampung, Metro, dan daerah Beranti di Kabupaten Lampung Selatan.

Bendungan Batutegi mempunyai kapasitas penampungan yang mampu menahan debit air sebanyak 9 juta meter kubik, dengan memanfaatkan sumber air dari dua sungai yaitu Way Sekampung dan Seputih, dan sejak diresmikan tahun 2004, pengelolaan Operasi dan Pemeliharaan bendungan tersebut dipercayakan kepada Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji – Sekampung. Secara administrasi Bendungan Batutegi  Terletak di Pekon Batutegi, Kecamatan Air Naningan Kabupaten Tanggamus, dari kota bandar Lampung bendungan ini berjarak  ± 90 km sebelah barat daya.

Dari sisi pariwisata bendungan Batutegi ini memiliki daya tarik tersendiri, terdapat sebuah jembatan besar yang membentang dan menyajikan hamparan hutan yang membentang di sisi jalan aspal yang melingkari lereng perbukitan serta pemandangan ngarai yang terbentang membelah bukit, di batutegi berdiri sebuah monument 13, yang mana monumen ini dibuat untuk mengenang 13 korban jiwa saat pembangunan bendungan tersebut. (TIM)