Peringatan Hari Air Dunia Ke-28

Peringatan Hari Air Dunia diperingati setiap tanggal 22 Maret, sejarah peringatan ini dilakukan dengan tujuan memfokuskan pada pentingnya air bersih dan pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan, gagasan ini pertama kali dikemukakan pada sidang PBB ke-47 tanggal 22 Desember 1992 di Rio De Janeiro, Brazil.

Tahun 2020 ini Hari Air Dunia Mengusung tema “World and Climate Change” atau “Menjaga Ketahanan Air dan Tantangan Perubahan Iklim”. Menurut PBB tema ini berfokus pada hubungan erat antara air dan perubahan iklim, sebab perubahan iklim telah menjadi salah satu faktor masalah lingkungan hidup dunia dan mengancam kelanjutan sistem penyangga kehidupan dibumi salah satunya dengan berkurangnya ketersediaan sumber daya air untuk kelangsungan hidup.

Sejak bulan Februari berbagai rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Air Dunia ke-28 telah dilakukan oleh Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, diantaranya pemilihan Duta Air, dimana pemilihan Duta Air tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jika sebelumnya kegiatan SDA Goes To School dilangsungkan di lingkungan kantor PUPR, maka untuk tahun ini Direktorat Jenderal SDA melakukan kegiatan SDA Goes To School dengan mendatangi 3 sekolah di wilayah Jakarta, Bekasi dan Tangerang Selatan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengajak generasi muda berkontribusi menjaga keberlangsungan sumber daya air, mengajak para anak muda generasi milenial atau generasi Z untuk dapat mengkampanyekan cara mengelola sumber daya air dan memberikan kontribusi serta menjadi positive influencer kepada masyarakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian sumber air. Selanjutnya, ada kegiatan lomba karya ilmiah dalam bidang sumber daya air dengan 4 sub tema yang sudah ditentukan, yaitu mitigasi dan adaptasi ketahanan air menghadapi perubahan iklim, inovasi teknologi sumber daya air untuk menghadapi perubahan iklim, inovasi teknologi informasi bidang sumber daya air untuk menghadapi perubahan iklim, dan partisipasi masyarakat untuk menghadapi perubahan iklim,  lomba karya ilmiah ini diikuti oleh siswa-siswi SMA/SMK/MA, dan terakhir ada  kegaiatan lomba mewarnai  yang  diikuti oleh siswa-siswi sekolah dasar.

Disamping itu, Peringatan Hari Air Ke-28 ini diperingati saat dunia sedang dilanda Virus Covid 19. PBB mengatakan, dalam peringatan hari dunia, dan pada hari lainnya, ingatlah untuk selalu mencuci tangan secara teratur dengan air atau hand sanitizer yang mengandung alkohol. PBB mendorong semua orang, setiap warga lapisan masyarakan untuk menjaga kebersihan global, mari tunjukan keberihan terbaik tangan kita untuk melawan Virus Covid 19 atau Corona. (TIM)